5 Jenis Aliran Modifikasi Motor Yang Tren di Indonesia
Kamu yang suka tampil beda dengan motor, dan hobi otak-atik atau memodifikasi motor kesayangan, pasti udah tahu tentang jenis-jenis aliran modifikasi motor di Indonesia. Tapi, buat kamu yang baru di dunia modifikasi, tentunya kamu masih bingung tentuin bakal seperti apa motor kamu setelah di modifikasi.
Kali ini bola merah hk-sdy bolafortunes bakal bahas beberapa jenis tren aliran modifikasi motor di Indonesia. Mungkin dari beberapa aliran-aliran ini hanya akan ada sedikit perbedaaan dalam bentuk, tetapi nama aliran modifikasinya tetap saja berbeda.
Biar kamu enggak makin bingung, langsung aja kita ke tren aliran modifikasi motor Indonesia yang bisa kamu jadikan inspirasi agar tetap di jalur tren aliran modifikasi motor.
Aliran Modifikasi Motor Cafe Racer
Sejarah awal aliran ini bermula pada tahun 1950 ketika anak muda di Inggris suka banget balapan dijalanan dari kafe ke kafe dengan tunggangan mereka.
Cafe Racer punya ciri khas jok single seater rata, tangki ramping, stang jepit yang menunduk dan buntut tawon atau hornet. Awalnya, biar larinya kencang, body motor di biarin telanjang.
Tapi seiring waktu aliran cafe racer ada juga yang gunakan fairing layaknya motor sport. Cafe racer juga punya dua turunan, Brat style dan Jap’s style.
Brat style lebih mengambil semua ciri yang ada di induknya, tapi mengganti buntut tawon dengan jok yang rata.
Dan turunan cafe racer yang kedua Jap’s style menggunakan stang semi hanger dan jok rata mirip papan skateboard yang dapat disesuaikan untuk single seater atau untuk bisa boncengan.
Aliran Modifikasi Motor Tracker
Berbeda dengan cafe racer yang dari balapan untuk sampai di kafe, sejarah awal aliran modifikasi tracker dari ajang balapan tanah liat di lintasan berbentuk oval di tahun 1950-an di Amerika Serikat.
Bentuk modifikasi motor aliran Tracker menggunakan stang yang tinggi, bodi serta tangki yang ramping, single seater dengan duck tail di belakang. Untuk bagian kakinya menggunakan shockbreaker tinggi dengan ban dual purpose, dan tak ketinggalan skid plate sebagai pelindung bagian mesin.
Aliran ini juga memiliki dua turunan yaitu flat tracker dan street tracker. Flat tracker lebih khusus untuk berada di lintasan balap, karena tidak ada lampu dan hanya berbentuk flat dengan penampang untuk papan nomor balap.
Untuk lintasan balap dikenal sebagai flat tracker, karena pada awalnya bagian depannya flat, tidak ada lampu, yang ada hanya sebuah penampang seperti papan untuk meletakkan nomor balap. Penampang juga ada di kiri dan kanan bagian sasis belakang.
Perlu di ingat, flat tracker hanya untuk lintasan balap bukan untuk di jalanan sebab tidak adanya kelengkapan. Karena itulah, tracker yang lebih modern dengan tanpa papan nomor di sebut street tracker yang tentu bentuknya lebih lengkap dan modern juga legal di kendarai di jalanan.
Baca juga: 10 Motor paling gesit di Dunia
Aliran Modifikasi Motor Scrambler
Enggak usah bingung dengan perbedaan antara scrambler dan tracker, mereka berbeda dari kegunaannya. Scrambler biasanya digunakan sebagai motor adventure dengan melibas medan on-road dan off-road sekaligus.
Body scrambler di buat dengan tangki yang lebih besar, kaki-kaki yang kekar, serta menggunakan ban dengan alur kotak-kotak atau ban tahu demi keseimbangan. Scrambler memiliki ciri khusus yaitu knalpot gantung yang tinggi dan jok empuk rata guna penopang kenyamanan.
Aliran Modifikasi Motor Chopper
Konon aliran chopper ini pertama muncul di Amerika Serikat seusai Perang Dunia II. Proses modifikasi motor Chopper dilakukan dengan memotong beberapa rangka atau sasis motor. Desain Chopper memiliki ciri khas kaki-kaki depan panjang. Diameter ban depan juga lebih besar dari ban belakang, bentuk setang tinggi dan jok yang lebih rendah.
Sebab itulah rangka motor perlu dipotong dan disesuaikan dengan kemiringan serta panjang garpu nya. Chopper sangat ideal untuk berkendara santai.
Baca Juga: Motor paling mahal di Dunia
Aliran Modifikasi Motor Bobber
Bobber bisa di katakan sebagai kakaknya Chopper karena pecinta motor lebih dulu mengenal Bobber daripada Chopper, meskipun sama-sama baru lahir setelah perang Dunia kedua.
Berbeda dengan Chopper yang perlu memotong rangka, bobber lebih identik dengan menanggalkan sebagian besar beban motor, jadi untuk aliran Bobber masih memiliki rangka yang masih standar. Ciri khas Bobber adalah memiliki roda yang lebih kekar dan besar baik roda depan maupun roda belakang.
Itulah 5 aliran modifikasi motor yang tren di Indonesia untuk kamu jadikan inspirasi mengotak-atik motor kesayangan kamu agar tampil beda sesuai dengan passion kamu. Apapun pilihan aliran kamu, pastikan motor modifikasi kamu tetap nyaman dan aman di kendarai serta mematuhi aturan lalu lintas.