Tips Cara Merawat Rem Cakram Motor Pada Musim Hujan
Naik Motor sering kali jadi andalan kita untuk pergi kemanapun, baik pulang-pergi kerja maupun hanya untuk bersantai. Selain lebih hemat, Motor bisa menjadi solusi transportasi yang dapat di andalkan untuk mensiasati kemacetan lalu lintas.
Karena itulah, motor seharusnya tetap terjaga performanya dari mesin hingga komponen pendukung lain demi keamanan dan kenyamanan berkendara dengan merawatnya.
Apalagi saat musim hujan tiba, ada beberapa komponen motor yang perlu jadi perhatian, salah satunya yang sangat penting adalah perawatan rem. Dan inilah beberapa tips cara merawat rem cakram motor untuk menjaga performa pengereman tetap optimal.
Selalu bersihkan cakram jika terkena air hujan
Jika kamu berkendara saat kondisi hujan, sesaat setelah sampai tujuan sempatkan untuk bersihkan cakram motor. Cukup siram dengan air bersih atau brake cleaner. Kemudian keringkan bagian yang bisa di jangkau dengan kain majun.
Pastikan rem cakram motor kamu gak jadi seret atau bahkan bisa berkarat akibat kotoran atau air hujan yang mengandung asam dengan menjaga kebersihannya terutama pada saat musim hujan.
Kenali kondisi cakram jika timbul suara saat pengereman
Pada umumnya jika pada saat pengereman cakram berbunyi mendecit, karena ada kotoran menempel antara piringan cakram dan kampas rem. Ini juga dapat menyebabkan daya cengkram rem tidak maksimal.. Sebaiknya segera periksa dan bersihkan.
Namun, jika terdengar suara gesekan yang lebih keras. Itu menandakan limit batas ketebalan kampas yang aus. Dan cara menangani ini hanyalah dengan mengganti kampas rem.
Selalu gunakan suku cadang asli
Selalu gunakan Genuine Part atau suku cadang asli demi menjaga performa pengereman tetap optimal karena setiap kendaraan selalu memiliki standar di masing-masing komponen. Pastikan untuk memilih komponen yang terjamin secara kualitas dan keasliannya.
Baca Juga : Tips Perawatan Motor Injeksi
Gunakan minyak rem yang sesuai spesifikasi
Ada 2 jenis spesifikasi yang disarankan untuk minyak rem motor yaitu DOT 3 dan DOT 4. Tidak banyak perbedaan antara keduanya, hanya saja kandungan zat aditif dan titik didih yang memiliki perbedaan di dalamnya.
Baca juga : Akibat mengoplos bahan bakar pada mesin
Meskipun begitu, kamu enggak boleh salah pilih, sepeda motor dengan sistem pengereman ABS disarankan untuk gunakan minyak rem dengan spesifikasi DOT 4 agar pengereman tetap optimal sekaligus menjaga komponen ABS lebih awet serta tahan lama.