Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Moment Bersejarah Tanggal 3 Mei di Indonesia dan Dunia

Pada tanggal 3 Mei, ada banyak peristiwa penting terjadi di sepanjang sejarah di dunia maupun di negara kita Indonesia. Beberapa di antaranya termasuk peristiwa politik, budaya, penemuan ilmiah, dan lain-lain yang memengaruhi dunia kita hingga saat ini. Berikut adalah beberapa momen penting yang terjadi pada tanggal 3 Mei dalam sejarah.

Berikut adalah beberapa kisah sejarah penting yang terjadi pada tanggal 3 Mei di Indonesia:

Peristiwa Sejarah di Indonesia Tanggal 3 Mei

1947 - Menteri Penerangan Amir Sjarifuddin membentuk Pemerintahan Republik Indonesia Serikat (PRIS), setelah merundingkan kesepakatan dengan raja-raja dan para pemimpin daerah di Indonesia. PRIS kemudian digantikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1950.

1950 - Pemerintah Indonesia mengeluarkan undang-undang baru tentang mata uang, yang menggantikan gulden Belanda dengan rupiah Indonesia.

1963 - Presiden Sukarno mengeluarkan Surat Perintah Sebelas Maret, yang menyingkirkan Menteri Keuangan Indonesia, Subandrio, dan menunjuk Sukarno sebagai kepala pemerintahan dan militer.

1989 - Insiden Tanjung Priok terjadi di Jakarta, ketika pasukan keamanan membubarkan unjuk rasa buruh dan mahasiswa yang menentang pemerintah Orde Baru. Lebih dari 100 orang tewas dalam insiden tersebut.

1999 - Pemilu umum pertama di Indonesia setelah jatuhnya Soeharto digelar. Pemilu tersebut diikuti oleh 48 partai politik dan diikuti oleh lebih dari 130 juta pemilih.

2000 - Terjadi kerusuhan di Maluku Utara, ketika kelompok-kelompok agama Kristen dan Muslim berseteru dalam konflik sektarian yang menewaskan lebih dari 3.000 orang.

2002 - Pasangan calon presiden Megawati Sukarnoputri dan calon wakil presiden Hamzah Haz memenangkan Pemilu presiden Indonesia, menggantikan Presiden Abdurrahman Wahid. Megawati menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai Presiden Indonesia.

Moment Bersejarah di Dunia Pada Tanggal 3 Mei

752 - Paus Stefanus II mengakhiri masa jabatannya sebagai Paus, setelah menjabat selama 3 tahun. Ia dianggap sebagai Paus pertama yang mengangkat orang Eropa sebagai uskup.

1469 - Kelahiran Niccolo Machiavelli, Niccolo Machiavelli lahir pada tanggal 3 Mei 1469 di Firenze, Italia. Ia adalah seorang filsuf dan penulis Italia yang terkenal karena karyanya, The Prince. Karya ini dikenal karena membahas politik dan pemerintahan, terutama mengenai cara mempertahankan kekuasaan.

1802 - Washington, D.C. menjadi ibu kota Amerika Serikat, Pada tanggal 3 Mei 1802, Washington, D.C. resmi menjadi ibu kota Amerika Serikat. Sebelumnya, Philadelphia menjadi ibu kota selama sepuluh tahun sejak 1790.

1915 - Italia bergabung dengan Perang Dunia I, Pada tanggal 3 Mei 1915, Italia memutuskan untuk bergabung dalam Perang Dunia I. Awalnya, Italia bersikap netral dalam konflik tersebut, namun kemudian bergabung dengan Sekutu setelah menandatangani Perjanjian London..

1952 - Penemuan struktur DNA oleh Francis Crick dan James Watson, Pada tanggal 3 Mei 1952, Francis Crick dan James Watson mengumumkan penemuan struktur DNA. Penemuan ini adalah langkah penting dalam memahami genetika dan pengembangan ilmu biologi molekuler.

1978 - Penemuan protein interferon, Pada tanggal 3 Mei 1978, dua tim peneliti, satu dari Jepang dan satu dari Amerika Serikat, mengumumkan penemuan protein interferon. Interferon terbukti memiliki kemampuan untuk melawan infeksi virus dan digunakan sebagai obat antiviral.

Peristiwa Dunia Penting Lainnya Tanggal 3 Mei Pada Abad ke-15 hingga Sekarang.

Bola merah hk sdy hari ini dalam sejarah

Berikut adalah beberapa peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada tanggal 3 Mei dari abad ke-15 hingga saat ini.

1469 - Narasi Sikhism dimulai dengan kelahiran Guru Nanak Dev, pendiri agama Sikh.

1715 - Paus Klemens XI memperingati ulang tahun ke-50 Ratu Christina dari Swedia, yang telah menjadi katolik dan hidup di Roma sebagai penulis dan filantropis.

1791 - Konstitusi Polandia disahkan oleh parlemen Polandia, menjadikannya konstitusi tertulis pertama di Eropa dan kedua di dunia setelah Konstitusi AS.

1808 - Napoleon Bonaparte menunjuk saudaranya, Joseph Bonaparte, sebagai Raja Spanyol.

1901 - Paus Leo XIII wafat setelah menjabat selama 25 tahun sebagai Paus, ia adalah Paus tertua pada masa jabatannya.

1913 - Raja George V dari Inggris memberikan gelar kehormatan kepada Arthur Conan Doyle, penulis novel detektif Sherlock Holmes yang terkenal.

1915 - Perang Dunia I: Angkatan Laut Jerman menenggelamkan kapal penumpang Inggris RMS Lusitania di lepas pantai Irlandia, menewaskan 1.198 orang, termasuk 128 warga Amerika Serikat.

1919 - Konferensi Perdamaian Paris dimulai untuk membahas perjanjian perdamaian yang akan mengakhiri Perang Dunia I.

1921 - West Virginia menjadi negara bagian ke-35 di Amerika Serikat.

1928 - Penghargaan Pulitzer pertama diberikan untuk karya jurnalisme, sastra, dan musik. Novel Ernest Hemingway, "The Sun Also Rises," memenangkan kategori Fiksi.

1936 - Bencana udara Hindenburg terjadi di New Jersey, Amerika Serikat, di mana kapal udara Jerman Hindenburg meledak dan jatuh ke tanah, menewaskan 36 orang.

1947 - Ingrid Bergman menikahi Petter Lindström di sebuah kapel kecil di Meksiko. Pernikahan ini menjadi kontroversial karena saat itu Bergman masih menikah dengan suaminya yang pertama dan Lindström memiliki istri dan anak di Swedia.

1947 - Pemimpin Pergerakan Kemerdekaan India, Jawaharlal Nehru, dilantik sebagai perdana menteri India yang pertama.

1948 - Israel mendeklarasikan diri menjadi negara diatas tanah Palestina sehingga menjadi awal konflik Arab-Israel.

1952 - Perdana Menteri Jepang, Shigeru Yoshida, mengumumkan rencana untuk menghapuskan pihak militer dari pemerintahan Jepang, sebagai bagian dari reformasi setelah Perang Dunia II.

1951 - Operet Broadway populer, "The King and I," pertama kali dipentaskan di Teater St. James di New York City.

1960 - Scott Carpenter menjadi astronaut Amerika kedua yang melakukan penerbangan luar angkasa, saat ia meluncur ke orbit dalam misi Mercury-Atlas 7.

1971 - Selama perang Vietnam, pengunjuk rasa anti-perang menyerbu Kantor Pos di Washington D.C. dan membakarnya, menentang pengiriman surat panggilan militer.

1979 - Margaret Thatcher menjadi perdana menteri Inggris yang pertama wanita.

1986 - Semua 21 penumpang dan awak pesawat tewas dalam kecelakaan pesawat TWA 840 yang terjadi di atas Yunani, akibat bom yang ditempatkan di pesawat sebelumnya.

2000 - Pengacara asal Rusia, Mikhail Trepashkin, ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara karena mengungkapkan rahasia negara tentang keterlibatan agen keamanan Rusia dalam serangan bom di apartemen di Moskow pada 1999.

2003 - Pesawat angkatan laut AS menyerbu sebuah rumah di Baghdad yang diduga menjadi tempat persembunyian Saddam Hussein, tetapi ia tidak ditemukan.

Itulah beberapa momen penting pada tanggal 3 Mei dalam sejarah. Peristiwa-peristiwa ini menunjukkan bagaimana perubahan politik, ilmiah, dan budaya dapat memengaruhi dunia kita hingga saat ini.