Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peristiwa Bersejarah Pada 2 Mei di Indonesia dan Dunia

Pada tanggal 2 Mei, berbagai peristiwa sejarah yang penting di seluruh dunia. Dari penemuan ilmiah hingga peristiwa politik dan budaya, inilah beberapa peristiwa menarik yang terjadi pada tanggal 2 Mei.

1519 - Leonardo da Vinci Meninggal Dunia

Pada tanggal 2 Mei 1519, salah satu seniman dan ilmuwan paling terkenal sepanjang masa, Leonardo da Vinci, meninggal dunia di kota Amboise, Prancis. Da Vinci adalah seorang polymath yang terkenal karena kontribusinya dalam bidang seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Dia dikenal sebagai pelukis Renaissance yang paling terkenal, dan juga memiliki minat yang kuat dalam bidang-bidang seperti matematika, astronomi, dan anatomi. Karya seninya yang terkenal termasuk "Mona Lisa" dan "The Last Supper".

1808 - Insiden Aranjuez

Pada tanggal 2 Mei 1808, Insiden Aranjuez terjadi di Spanyol. Insiden ini adalah pemberontakan terhadap raja Spanyol saat itu, Charles IV, dan upaya untuk memperkuat pengaruh Prancis atas negara itu. Insiden ini terjadi di tengah ketegangan politik yang meningkat di Spanyol, dan menjadi bagian dari Perang Napoleon.

1933 - Jerman Melakukan Boikot Terhadap Yahudi

Pada tanggal 2 Mei 1933, Jerman meluncurkan kampanye boikot ekonomi terhadap bisnis-bisnis yang dimiliki oleh orang Yahudi. Kampanye ini dipicu oleh kebijakan anti-Semit yang diberlakukan oleh rezim Nazi. Boikot ini merupakan salah satu tindakan awal yang dilakukan oleh pemerintah Jerman dalam rangka memusnahkan keberadaan Yahudi di Jerman.

2018 - Penutupan Taman Nasional Taman Nasional Gunung Rinjani

Pada tanggal 2 Mei 2018, Taman Nasional Gunung Rinjani di Indonesia ditutup untuk sementara waktu setelah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,4 skala Richter di daerah sekitarnya. Taman nasional ini terkenal karena pemandangan alamnya yang indah, termasuk Gunung Rinjani, gunung tertinggi kedua di Indonesia. Penutupan ini dilakukan untuk melindungi wisatawan dan pekerja taman nasional dari bahaya gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mungkin terjadi.

Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 2 Mei di Indonesia dan berbagai belahan dunia

This day in history

Peristiwa Bersejarah Tanggal 2 Mei Di Indonesia

1972 - Lahirnya Triawan Munaf, seorang seniman dan budayawan Indonesia yang kemudian menjadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia pada 2015.

1998 - Protes mahasiswa terhadap pemerintahan Presiden Soeharto semakin meningkat, dengan ribuan mahasiswa yang melakukan unjuk rasa di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia.

2008 - Gempa bumi berkekuatan 6,4 SR melanda Jawa Barat, menewaskan lebih dari 50 orang dan merusak ribuan rumah serta gedung-gedung publik.

2018 - Insiden terorisme terjadi di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, dengan tiga bom yang meledak dan menewaskan 28 orang serta melukai puluhan orang lainnya.

Peristiwa Bersejarah Tanggal 2 Mei Di Dunia

1536- Raja Inggris Henry VIII menghukum mati Anne Boleyn, istri keduanya, atas tuduhan pengkhianatan dan perselingkuhan.

1808 - Madrid dikepung oleh pasukan Prancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte selama Perang Kemerdekaan Spanyol.

1863 - Tentara Union memenangkan Pertempuran Chancellorsville dalam Perang Saudara Amerika, tetapi jenderal Union Joseph Hooker terluka parah.

1945 - Tentara Uni Soviet menangkap Berlin, menandai akhir Perang Dunia II di Eropa.

1994 - Ayrton Senna, pembalap Formula Satu Brasil tiga kali juara dunia, tewas dalam kecelakaan mobil di Grand Prix San Marino.

2011 - Osama bin Laden, pemimpin Al-Qaida meninggal dalam serangan pasukan khusus Amerika Serikat di rumahnya di Abbottabad, Pakistan.

Itulah beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 2 Mei di berbagai belahan dunia untuk menambah pengetahuan. Semoga bermanfaat.